(Bule) kutu kebul pada tanaman cabe merah di jember



Bule ,disini yang di sebut bule bukanlah warga asing yang datang di negeri kita,tapi ini adalah penyakit yang terdapat pada tanaman cabe,penyakit ini di sebabkan oleh kutu-kutuan ,"kutu kebul" ini adalah jenis kutu yang mnyebabkan tanaman cabe terserang penyakit bule.
hama kutu kebul ini menyebabkan daun cabe menjadi keriting dan berwarna kuning selain itu buah juga tidak normal sehingga dampaknya produksi pembuahannya berkurang.

" cabe saya berumur satu setengah bulan dan mulai masa pembuahan Namun akibat serangan kutu kebul, daun cabe keriting, buah berkurang, dan lama-lama akan mati sendiri,” ucap dari seorang petani.

Seminggu kemarin, kisahnya, dirinya telah memetik hasil kebunnya. Menurut ukuran, dengan luas lahan seperempat hektar dalam sekali panen raya bisa 4 hingga 5 kwintal, tapi karena kutu kebul produksi berkurang menjadi 2 hingga 2.5 kwintal

Langkah yang diambil Ahmad Sukri agar tanaman cabenya bisa sedikit bertahan dari serangan kutu kebul adalah memberi semprotan air rendaman daun surian. Menurutnya langkah ini agak memberikan “angin sejuk” dari serangan kutu kebul.

“Memang tidak bisa memberikan penyembuhan seratus persen, tapi langkah ini bisa sedikit memanjangkan umur tanaman cabe,” katanya dari salah seorang petani dari daerah solok.

bagi para petani yang berada di jember mungkin bisa mengambil contoh dari para petani di daerah lain bagaimana cara penanganan dari seragan kutu kebul,Salah satu caranya dengan menyemprotkan air kencing kambing yang telah dicampur beberapa dedaunan yang berkhasiat untuk mengusir hama ini.
hingga saat ini para peniliti belum bisa menemukan bagaimana atau insek apa yang bisa membasmi hama kutu kebul tersebut.

langkah yang bisa di lakukan para petani di jember adalah dengan cara mencabut tanaman.
Kutu kebul atau Bemicia tabaci Genn merupakan hama yang sangat polifag atau memiliki range inang yang luas, menyerang berbagai jenis tanaman, antara lain tanaman hias, sayuran, buah-buahan maupun tumbuhan liar atau gulma.

saat ini para petani hanya berusaha bagaimana agar tetap bertahan berbagai macam cara di lakukan guna mempertahankan produk tanamannya sambil menunggu para prof menemukan obat pembasmi kutu kebul ,

0 comments

Posting Komentar

 
|  ** petani jember **. Blogger Template By naksinyo Powered by naksinyo